Tuesday 24 September 2019

School Experience Program ( SEP )

Experience atau Pengalaman merupakan salah satu yang penting saat terjun ke dunia kerja. Apalagi kalo jelar sarjananya S.Pd. Nah, disini saya akan berbagi sedikit cerita selama saya belajar di USBI ( Universitas Siswa Bangsa International). Mungkin belum banyak yang mengenal universitas ini kerena universitas ini universitas yang baru saja lahir dan belum ada lulusan. Oke kembali ke Labtop.
Salah satu kelebihan USBI dan yang menjadi pembeda dari universitas lain adalah satu-satunya Universitas yang sangat mengutamakan pengalaman. Terutama di jurusan pendidikan. Di universitas ini, terjun ke sekolah-sekolah telah kita lakukan sejak semester pertama.
Pada semester 1 dan 2 kita telah terjun secara langsung ke sekolah-sekolah. Untuk dua semester ini kita baru melakukan observasi / pengamatan tentang sistem belajar mengajar di sekolah formal. Tentunya ini sangat membantu mahasiswa mengenal dunia pendidikan secara langsung.
Semakin bertambah level semakin menantang, begitulah yang terjadi. Nah.. ketika senester 3 dan 4 kita tidak hanya observasi di sekolah tetapi telah melakukan sistem belajar mengajar di kelas. Sebelum mengajar, tentunya kita harus tahu kondisi siswa kita baru bisa bikin RPP yang sesuai dengan kondisi kelas. Setelah observasi mulai deh, design lesson plan/ RRP dengan persetujuan dari guru pembimbing di sekolah. Tidaklah mudah men-design yang sesuai dengan guru pembimbing sehingga diperlukan komunikasi yang baik kepada beliau. Setelah tiu baru deh kita mengimplementasikan RPP kita di kelas.

Gugup, nervous dan senang bercampur aduk ketika pengalaman pertama mengajar dan berdiri di depan kelas. Tapi inilah tantangan nyata kita. Ternyata tidak mudah untuk berdiri di depan kelas.


No comments:

Post a Comment