Tuesday 24 September 2019

Pemanfaatan ICT dalam Pendidikan dan Pembelajaran





 Information and Communications Technology (ICT) memiliki dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya (Maulana: 2015).
ICT sangat dekat dengan penggunaan komputer. Ada beberapa alasan kenapa di dunia pendidikan diperlukan ICT (Setiawan: 2010):
a. Kemampuan komputer untuk menyajikan informasi dalam bentuk multimedia (teks, gambar, audio, video, animasi, simulasi) dan aspek interaktif. 
b. Komputer dapat diprogram untuk melakukan perhitungan, memeriksa hasil tes dan memberikan umpan balik. o
c. Teknologi internet memungkinkan bahan ajar dapat diakses kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja yang terhubung ke internet.

Dalam dunia Pendidikan, ICT sangatlah berperan penting terlebih dalam perkembangan era revolusi generasi 4.0 ini, terlebih dalam proses pembelajaran. Dalam Framework pembelajaran di abad 21, peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan dibidang teknologi, media dan informasi, keterampilan pembelajaran dan inovasi serta keterampilan hidup dan karir. Hal inilah yang menjadi dasar pemanfaatan ICT penting dalam proses pembelajaran.
Dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran, Teknologi (ICT) berperan pada tiga fungsi :
a. Menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dan mengasyikan (efek emosi);
b. Membekali kecakapan siswa untuk Pendekatan pembelajaran ’dari’ teknologi (butir-butir kesimpulan penting);
c. Learning tools dengan program-program aplikasi dan utilitas, yang, selain mempermudah dan mempercepat pekerjaan, juga memperbanyak variasi dan teknik-teknik analisis dan interpretasi

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa pemanfaatan teknologi (ICT) dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa untuk memvisualisasikan atau mendemonstrasikan konsep-konsep matematis. Salah satu contoh yaitu penelitian yang dilakukan oleh Ibnu Fazar, 2015, “ Pemanfaatan aplikasi Geogebra dalam kegiatan Pembelajaan Matematika di Sekolah Menengah Atas.

Adapun bentuk-bentuk pemanfaatan ICT dalam bidang pendidikan dan pembelajaran (Setiawan: 2010).
a. Browsing & searching (Yahoo, Google, dll) 
b. E-mailing dan mailing list (Yahoo group, Google group, dll) 
c. Messanger (Yahoo messenger)  
d. Video conferencing 
e. e-library, e-book, e-journal, e-dictionary 
f. E-laboratory (PheT, dll) 
g. Blogging (wordpress, multiply, dll) 
h. Multimedia Interaktif o E-Learning (Moodle, Atutor, dll) 


  

Daftar Pustaka

Fazar, I. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra dalam kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA)
(http://eprints.unsri.ac.id/5829/1/Pembelajaran_berbasis_ICT.pdf akses: Rabu, 21 Agustus 201)

Maulana, R, (2015). Apa itu ICT? Apa Manfaat dan Peranan ICT dalam Pendidikan.
(https://rezamhs.wordpress.com/2013/12/10/apa-itu-ict-apa-manfaat-dan-peranan -ict-dalam-dunia-pendidikan/, akses: Rabu, 21 Agustus 2019, 11.45)

Setiawan, E. A, (2010). Pemanfaatan ICT dalam Pendidikan.
(http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_MESIN/1969021119 93031-AGUS_SETIAWAN/ICT_for_education.pdf, akses: Rabu, 21 Agustus 2019)

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Volume 8 No, 1. Universitas Krisnadipayana.
(http://simpen.lppm.ut.ac.id/ptjj/PTJJ%20Vol%208.2%20september%202007/01- acesuryadi.pdf, Rabu, 21 Agustus 2019)

No comments:

Post a Comment